Sabtu, 06 Agustus 2011

Filled Under:

Ilmuwan Muslim

 Assalaamu'alaaikum Wr. Wb.

Para Netter yang dimuliakan Allah, di masa silam, Islam pernah mengalami masa keemasan yang gemilang. Kala itu, luas bentangan wilayah Daulah Islamiyyah diimbangi secara cemerlang dg penguasaan khasanah keilmuan. Mutiara-mutiara pengetahuan mengalir bak air bah dari ujung pena para ilmuwan muslim, mewarnai halaman sejarah, bahkan masih berpengaruh hingga ribuan tahun kemudian.
Meski kalangan Barat menganggap kaum muslimin sebagai (bekas) musuh dalam Perang Salib, namun di satu sisi diakui sebagai umat yang berjasa bagi perkembangan peradaban dunia. Dalam buku The History of Arab, Philips K. Hitti, sejarawan asal Inggris, mengungkapkan bahwa kaum muslimin mencapai puncak peradaban dan kebudayaan tinggi setelah melakukan beberapa kali pembebasan wilayah dalam waktu yang sangat singkat. Mereka mampu membangun peradaban yang cukup tinggi, ditunjang oleh ilmu pengetahuan, kesenian, kesusastraan, filsafat. Banyak sarana penunjang dibangun, seperti mesjid, madrasah, universitas, perpustakan, labolatorim, observatorium, rumah sakit. Sumber pendana  ketika itu ialah wakaf, hadiah para amir, hartawan, dan ulama. Salah seorang diantaranya Muhammad bin Abdul Malik Az-Zayyat, menghibahkan 2000 dinar setiap bulan untuk para penerjemah dan penyalin kitab.

Peradaban Islam melaju cepat seiring meningkatnya kecintaan kaum muslimin terhadap ilmu pengetahuan. Kala itu banyak perpustakaan besar didirikan, seperti perpustakaan khalifah Dinasti Fatimiyah di Kairo yang menyimpan koleksi sejumlah mushaf dan sekitar dua juta eksemplar kitab berbagai disiplin ilmu.

Mengungkap sejarah kecemerlangan peradaban Islam masa silam, harus menyebut beberapa nama besar sebagai lokomotif dan ikon sejarah peradaban dunia. Berikut profil singkat beberapa tokoh intelektual muslim yang namanya tertoreh abadi pada monumen keilmuan dunia:

1.      Nizhamul Mulk
2.      Khalifah Al-Ma'mun
3.      Al-Khawarizmi
4.      Ibnu Sina
5.      Ibnu Rusyd
6.      Ar-Razi
7.      Al-Biruni
8.      Ibnu Khaldun
9.      Al-Farabi
10.    Jabir bin Hayyan



Mohon Maaf yang sebesar-besarnya bila ada banyak kekurangan...!!

Semoga Entri kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan sedikitnya bisa menambah perbendaharaan ilmu para Netter sekalian.


Akhiru salam

Wasalaamu'alaaikum Wr. Wb.




Sumber: Majalah Barokah, Risalah Utama : Bintang-bintang di Langit Peradaban Dunia, edisi Mei 2010


Penulis Entri :







Yanuka Yat Nurkahyatno

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda (sertakan nama bila yang dipilih: anonymous)

Adukanlah Keluh Kesahmu Hanya Kepada Al-Rahman!

Oleh: Badrul Tamam Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah – ...

Copyright @ 2013 Desau rindu.